SAN FRANSISCO - Pinterest, sebuah situs sosial berbagi file dengan gaya 'pinboard' atau pin virtual dinilai lebih 'seksi' daripada Instagram. Bahkan Pinterest akan menjadi akuisisi yang lebih manis untuk sebuah perusahaan besar seperti Facebook.
Kemungkinan alasan Facebook membeli Instagram karena aplikasi berbagi foto populer itu menawarkan kombinasi unik, lalu bagaimana jika dibandingkan dengan Pinterest. Berikut perbandingan antara Instagram dan Pinterest seperti dilansir dari Cnet, Selasa (10/4/2012):
1. Dari segi sosial: Baik Instagram atau Pinterest, pada dasarnya merupakan layanan sosial karena pengguna bisa berbagi foto atau kepentingan secara visual dengan orang lain.
2. Pertumbuhan yang cepat: Instagram mulai dari tidak ada pengguna hingga 30 juta dalam dua tahun, tentu tidak bisa dibilang hasil yang buruk. Ada beberapa pembicaraan yang menyebutkan bahwa tim Instagram mengetahui basis pengguna mereka melambat, maka jika benar ini merupakan waktu yang tepat untuk diakuisisi.
Sedangkan Pinterest melaporkan 17 juta pengguna per bulan dan diluncurkan pada Maret 2010, beberapa bulan sebelum Instagram.
3. Ancaman buat Facebook: Meski 30 juta pengguna Instagram merupakan bagian kecil dari basis Facebook, tapi mereka bersemangat, terlibat dan melakukan kegiatan yang mutlak ke Facebook yaitu berbagi foto.
Untuk pengguna Pinterest, mereka melakukan aktivitas lain yang berada di 'detak jantung' Facebook yaitu berbagi temuan tentang hal yang disukai dengan teman. Tentunya, Facebook tidak bisa membiarkannya begitu saja.
4. Ponsel: Instagam menang dalam kategori ini karena memiliki aplikasi mobile. Sedangkan Pinterest belum menjadi pemain utama di ponsel.
5. Dari sisi target: Instagram, seperti aplikasi memotret foto, mengumpulkan tanggal dan lokasi foto. Sehingga layanan seperti Facebook cukup mudah mencari tahu lokasi pengguna dan tentunya data ini menjadi sangat berharga untuk iklan.
Meski begitu, pengguna Pinterest ternyata bisa lebih menarik. Hal ini karena pengguna mengatakan pada situs apa yang membuat mereka tertarik, seperti desain rumah, mobil dan fashion, lalu menyertakan link ke sumber yang berhasil memberikan ketertarikan. Data ini jauh lebih berharga bagi pengiklan daripada Instagram.
Diluar perbandingan keduanya, Pinterest dan Instagram memang merupakan dua hal yang menarik setidaknya dalam satu arena kunci yaitu pemasaran dan platform iklan. (fmh)
0 comments:
Post a Comment